Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Renault Kwid Lawan Ayla, Agya, dan Wagon R

Stanly Ravel - Selasa, 25 Oktober 2016 | 12:09 WIB

Jakarta, Otomania - Renault Kwid resmi menjadi pilihan baru mobil murah di Indonesia. Dengan tampilan mini crossover, Kwid memang lebih menggoda di bandingkan pilihan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) yang sudah ada.

Meski tidak ingin disebut mobil LCGC, namun secara harga Kwid masuk dalam salah satunya. Bahkan soal mesin, Kwid sama mengusung mesin tiga silinder seperti Agya, Ayla, dan Karimun Wagon R.

Lalu bagaimana dengan perbandingan performa antar ketiga mobil tersebut ? Untuk mengetahuinya, Otomania mencoba menjabarkan ketiganya berdasarkan data di atas kertas.


Renault Kwid mengusung mesin 999 cc tiga silinder dengan transmisi lima percepatan yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 68 tk dan 91 Nm. Bila dibandingkan dengan Ayla dan Agya, Kwid secara data cukup unggul.

Agya dan Ayla hanya dibekali mesin 998 cc dengan tenaga maksimal sebesar 65 tk dan torsi 86 Nm. Sedangkan untuk Karimun Wagon R, meski bermesin 998 cc, namun soal tenaga masih bisa mengimbangi Kwid. Tenaga yang dihasilkan Wagon R sebesar 68 tk, sedangkan torsi 90 Nm, selisih tipis dengan Kwid.


Meski secara tampilan dan teknologi Kwid lebih beragam, tapi soal pilihan transmisi kalah telak dengan ketiganya. Baik Agya, Ayla, dan Wagon R sudah memiliki pilihan transmisi otomatis, sedangkan Kwid baru keluar dengan transmisi manual.


Sayangnya, hingga saat ini redaksi belum bisa merasakan sensasi berkendara Kwid untuk merasakan langsung performa sekaligus menghitung konsumsi bahan bakarnya. Namun hal tersebut akan Otomania bahas untuk edisi selanjutnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa