Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiga Langkah Jaga Kaca Mobil Tetap Jernih

Stanly Ravel - Senin, 24 Oktober 2016 | 14:35 WIB

Jakarta, Otomania - Selain pecah, kerusakan terbesar kaca mobil yang sulit diperbaiki adalah saat terdeformasi atau berjamur. Kaca depan yang notabenya sebagai visibilitas saat berkendara cukup penting dirawat secara berkala, cara ini pun bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus ke salon khusus yang memakan banyak biaya.

Monza-Autosport punya tiga tips mudah yang bisa digunakan pemilik mobil untuk merawat kaca mobilnya. Cara ini bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu keahlian khusus.

"Merawat kaca mobil bisa dilakukan sendiri dengan menyiapkan beberapa peralatan pendukung seperti kemoceng, lap penyerap air, dan microfiber. Namun baiknya dilakukan di tempat yang teduh, bebas dari sinar matahari atau hujan," ucap Chris selaku Owner dari Monza Autosport ketika dihubungi Otomania, Senin (24/10/2016).

Perawatan pertama adalah membebaskan kaca dari kotoran. Bila kaca dihinggap debu kering, baiknya jangan langsung dilap tapi bersihkan dahulu menggunakan kemoceng halus, setelah itu dilanjut dengan menggunakan lap microfiber. Hal ini penting dilakukan agar terhindar dari baret halus pada kaca.

Namun bila kotoranya berupa tanah basah, sebaiknya disiram dengan air bersih secukupnya, fungsinya untuk mengusir kotoran dari kaca. Setelah itu cuci dengan shampo mobil menggunakan kain microfiber dan dilanjut mengeringkan dengan kain penyerap air.


"Ketika habis terkena hujan di siang hari, sebaiknya langsung dibersihkan jangan menunggu kering karena panas matahari. Air hujan yang mengandung asam dikhawatirkan bisa merusak struktur kaca dan membentuk kerak air," kata Chris.

Hal kedua adalah dengan memeriksa kondisi wiper. Karet wiper yang sudah rusak berpotensi membuat goresan pada permukaan kaca. Cara mengenali karet yang sudah rusak adalah dengan melihat permukaannya yang sudah tidak lentur.


Hal ketiga yang sering disepelekan adalah mengenai cairan pembersih kaca. Cari cairan yang memiliki PH normal, yakni tujuh, dengan tingkat keasaman yang rendah. Kegunaanya adalah untuk menjaga struktur kaca serta melindungi lapisan coating yang menyebabkan kaca menjadi buram.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa