Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fasilitas Uji Tabrak Harus Dipegang Independen

Aditya Maulana - Senin, 24 Oktober 2016 | 12:23 WIB

Jakarta, Otomania - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sedang berusaha agar Indonesia memiliki fasilitas uji tabrak kendaraan. Tujuan utamanya untuk mengetahui kualitas, serta mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas.

Sebab, material konstruksi pada kendaraan khususnya mobil berperan menyumbangkan angka kematian ketika terjadi kecelakaan lalu lintas.

Menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), fasilitas tersebut sangat diperlukan. Tetapi, yang mengelola sebaiknya pihak independen, sehingga dalam melakukan pengujian bersifat terbuka.

Baca juga: Mobil Indonesia Butuh Uji Tabrak

"Bisa sebagai pembanding sekaligus mengontrol. Seperti di negara-negara maju lainnya saja," kata Edo kepada Otomania melalui pesan singkat akhir pekan lalu.

Edo melanjutkan, setiap produsen otomotif sudah pasti melakukan uji tabrak sebelum memproduksi dan menjual produknya. Lebih baiknya lagi, lembaga independen itu mengontrol kembali, agar bisa menjadi patokan bagi masyarakat.

Baca juga: Pemerintah Wajib Bikin Regulasi Uji Tabrak buat Mobil

"Jadi memang benar sangat diperlukan karena untuk mengetahui standar keselamatan dari produknya itu sendiri," ucap dia

Pihak KNKT mengaku sudah menyamnpaikan semuanya kepada pemerintah. Namun, belum mendapatkan tanggapan yang positif, sehingga belum bisa terealisasi.

Bagaimana menurut Anda, apakah Indonesia sudah seharusnya punya fasilitas uji tabrak?

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa