Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indonesia Butuh Tes Uji Tabrak, Ini Kata Produsen Mobil

Aditya Maulana - Jumat, 21 Oktober 2016 | 13:35 WIB

Jakarta, Otomania - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menilai, rendahnya fitur keselamatan serta material konstruksi kendaraan, ikut berperan menyumbang angka kematian dalam kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu, Indonesia sudah seharusnya punya fasilitas uji tabrak (crash test).

Bahkan, KNKT sendiri sudah merekomendasikan kepada pemerintah, namun belum bisa terealisasi. Lantas, bagaimana tanggapan dari para Agen Pemegang Merek (APM) mobil yang ada di Tanah Air?

Duljatmono, Director of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan, sulit rasanya dalam jangka waktu dekat Indonesia mengarah ke sana.

"Sebab, tahapannya masih mengadopsi teknologi produksi, bukan produk seperti di negara-negara prinsipal yang sudah mengarah ke arah sana," kata pria yang akrab disapa Momon saat dihubungi Otomania, Jumat (21/10/2016).

Baca juga: Mobil Indonesia Butuh Uji Tabrak

Momon melanjutkan, ditambah lagi kondisi Indonesia seperti ini. Mungkin ke depan bisa, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jangan khawatir, sebab, setiap prinsipal sudah punya fasilitas tersebut.

"Jadi kalau produk global sudah di uji tabrak di negara prinsipal kami (Jepang). Kalau produk yang bukan global, juga sudah ada standar pengujiannya sendiri dari Perhubungan Darat mengenai laik jalan," ucap Momon.

Sementara itu, Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja menambahkan, pada intinya perusahaan akan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah, termasuk mengenai aturan tersebut.

"Tetapi semua produk kita sudah lolos uji tipe yang menyatakan keselamatannya juga sesuai standar sebelum di pasarkan," ujar Indri, panggilan akrab Indriani kepada Otomania melalui pesan singkat, Jumat (21/10/2016).

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa