Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Karakter Motor yang Bisa Pakai Kredit "Ballon Payment"

Aditya Maulana - Senin, 24 Oktober 2016 | 11:33 WIB

Jakarta, Otomania - Masyarakat masih belum banyak yang tahu dengan skema kredit ballon payment. Sebab, jarang diterapkan oleh perusahaan pembiayaan, terutama untuk pembelian sepeda motor.

Baca: Kenali istilah ballon payment

Sekalinya ada, kebanyakan untuk konsumen yang membeli mobil dengan cara kredit. Sebab risikonya cukup tinggi, yaitu terjadinya kredit macet, karena sistem pembayarannya ringan di depan, dan pelunasannya dilakukan di akhir.

Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, jika diberlakukan di motor, maka tidak sembarang model. Syarat utamanya, harus memiliki nilai jual kembali yang baik.

"Karena kalau tidak, leasing itu akan rugi. Jadi kalaupun ada leasing yang mau, dia pasti pilih model apa yang sekiranya punya nilai jual kembali yang tinggi," ujar Margono saat berbincang dengan Otomania belum lama ini.

Margono melanjutkan, kemungkinan juga bisa diberlakukan pada motor yang harganya di atas Rp 20 juta dan produknya laku di pasaran. Biasanya, dalam waktu tiga tahun harga jual kembalinya tidak akan turun signifikan.

"Mungkin sekelas CBR150R atau model lainnya yang punya nilai jual kembali yang cukup bagus. Sehingga leasing tidak merasa rugi ketika masa kredit berakhir," kata Margono.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa