Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Mobil Murah" Bisa Ganggu Penjualan Motor?

Aditya Maulana - Minggu, 23 Oktober 2016 | 07:05 WIB

Jakarta, Otomania - Mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) menjadi segmen yang berkembang di pasar otomotif nasional. Apalagi, setelah hadirnya produk kedua hasil kolaborasi, Daihatsu-Toyota, yaitu Sigra-Calya.

Masyarakat banyak yang membeli mobil tersebut, karena harganya terjangkau. Mulai Rp 100 jutaan sudah punya mobil baru. Lantas, dengan berkembangnya "mobil murah" itu, apakah pasar sepeda motor bisa terganggu?

Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan, penjualan motor tidak akan terpengaruh. Sebab, rentang harganya cukup tinggi antara motor dengan produk LCGC.

"Kalau dibilang mimpi orang ingin punya mobil itu benar, tetapi melihat harganya yang jauh tidak mungkin," kata Margono usai peluncuran Honda BeAT Street di Jakarta Selatan belum lama ini.

Konsumen motor besar (moge), lanjut Margono pasti di rumahnya sudah punya mobil. Sehingga tidak mungkin lebih memilih LCGC ketimbang motor, karena beli moge itu faktor utamanya karena hobi, bukan kebutuhan.

"Sekarang kalau segmennya di kelas Vario, kebanyakan masih beli kredit. Uang muka lebih dari Rp 1 juta saja, bisa mempengaruhi penjualan jadi sedikit turun. Ini apalagi uang muka mobil murah bisa lebih besar, begitu juga dengan cicilannya," ujar Margono.

Kecuali, kata Margono segmen menengah ke atas kesejahteraannya naik lagi, baru bisa mempengaruhi. Sebab, sudah punya kemampuan untuk membeli mobil.

"Mimpi ingin punya mobil betul sekali, tetapi dengan kondisi sekarang ini tidak akan bisa untuk mempengaruhi penjualan motor. Pembeli mobil murah juga belum tentu segmen pengguna motor," ucap Margono.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa