Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rating Keselamatan Mobil Sejuta Umat di Indonesia

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 21 Oktober 2016 | 12:45 WIB

Jakarta, Otomania – Penjualan produk kendaraan penumpang di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Tidak terkecuali di segmen MPV yang memiliki ragam produk dan pasar terbesar di Tanah Air.

Kehadiran produk kendaraan multi guna yang membanjiri pasar, juga harus diiringi dengan kualitas keselamatan dalam produk tersebut. Ini menjadi salah satu yang menjadi penilaian calon konsumen, terhadap kualitas produk kendaraan tersebut.

Saat ini, produsen kendaraan di Indonesia melakukan pengujian keamanan produknya ke lembaga uji produk otomotif New Car Assesment Program for South East Asia (ASEAN NCAP), yang berada di Malaysia. Lembaga ini berafiliasi dengan EURO NCAP dan Global NCAP yang juga melakukan uji keamanan produk otomotif di berbagai belahan dunia.

Proses pengujian dilakukan dengan menabrakkan mobil dalam kecepatan 64 kpj. Hasilnya, akan mendapatkan penilaian terhadap keamanan pengemudi dan penumpang serta penumpang anak-anak. Semakin banyak produk tersebut menyertakan fitur keselamatan maka hasil uji biasanya akan semakin tinggi yakni 5 bintang.

Dari beragam model MPV yang hadir di Tanah Air yang menyertakan produknya dalam tes ASEAN NCAP, rata-rata model small MPV seperti Avanza, Xenia, Livina, Ertiga memperoleh 4 bintang. Sementara Mobilio yang melakukan pengujian lewat Global NCAP mendapatkan rating tiga bintang.

Produk MPV tersebut menyertakan fitur airbag pada pengemudi serta penumpang dan juga fitur keselamatan untuk penumpang anak-anak. Fitur pengereman seperti Anti-lock Brake System dan Electronic Stability Control juga mendapat tambahan penilaian keamanan. Bahkan ada penilaian tersendiri terhadap fitur pengingat penggunaan sabuk pengaman.

Berikut daftar rating keselamatan produk MPV kecil 

Model

Rating

Toyota Avanza

4 bintang*

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa