Bisa Nostalgia bersama Bus "Jadul" PPD di Transjakarta

Aditya Maulana - Kamis, 20 Oktober 2016 | 12:55 WIB

Jakarta, Otomania — Buat masyarakat, khususnya warga Jakarta yang punya kenangan manis dengan bus Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), kini bisa bernostalgia. Sebab, PT Transportasi Jakarta meluncurkan dua bus Vintage Series di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Bus tersebut diluncurkan untuk mengenang kejayaan PPD ketika itu. Bahkan, secara tampilan, bus benar-benar dibuat serupa, dan menggunakan merek Mercedes-Benz.

PPD itu sendiri merupakan salah satu badan usaha milik negara yang berdiri sejak 1920 silam. PPD bergerak di bidang transportasi, khususnya darat di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Awalnya, badan usaha ini merupakan penggabungan urusan transportasi milik Nederlands-Indische Tramweg Maatschappij dengan Bataviach Elektrische Tram Maatschappij (BVMNV). Namun, pada 21 Desember 1954, bentuk badan hukum BVMNV diubah menjadi perusahaan umum dengan nama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD).

Kini, Perum PPD memiliki jajaran bus yang terdiri atas patas AC dan non-AC, bus pariwisata, serta feeder transjakarta yang tersimpan di sejumlah depo.

Nah, buat Anda yang ingin bernostalgia dengan bus PPD jadul, maka bisa datang ke Koridor 1, 5, dan 6 Transjakarta. Bahkan, ke depan, menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), versi bus tingkatnya bakal tersedia.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X