Deteksi Lubang Tutup Tangki Motor yang Tersumbat

Stanly Ravel - Rabu, 19 Oktober 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania - Saat sepeda motor dengan sistem kaburator mati mendadak, tidak selalu karena kehabisan bahan bakar atau masalah pengapian. Lubang kecil pada tutup tangki yang kotor juga bisa menjadi biang keladi yang menghambat suplai bahan bakar turun ke karburator.

Baca: Jaga Lubang Ini pada Tutup Tangki Sepeda Motor

Sekadar informasi, pada bagian tutup tangki terdapat ventilasi atau lubang dengan ukuran 1 mm yang letaknya bervariasi. Fungsi lubang ini bukan sebagai aksesori, melainkan ventilasi untuk sirkulasi udara.

"Seperti yang sudah dijelaskan, bila tertutup kotoran maka akan menggangu aliran bahan bakar ke karburator. Karburator menjadi kering sehingga mesin pun tiba-tiba mati mendadak karena tidak ada bahan bakar yang dikirim ke ruang bakar," ucap Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center kepada Otomania, Selasa (18/10/2016).

Rangga menyarankan bila menemui kasus seperti ini pemilik motor tidak perlu khawatir. Setelah memastikan kondisi bahan bakar masih penuh dan pengapian serta busi normal, silakan coba nyalakan mesin dengan posisi tutup tangki dilepas.

Bila motor kembali hidup, bisa dipastikan 100 persen penyebabnya adalah karena lubang ventilasi yang tersumbat.


"Bila kurang yakin, tinggal tutup kembali tangkinya, kalau mesin mati sudah pasti akurat akibat lubang yang tersumbat," kata Rangga.

Menurutnya, tidak ada teknik khusus untuk merawat dan membersihkan lubang ventilasi tersebut. Orang awam pun bisa melakukan tanpa kendala, cukup mengorek lubang untuk memastikan tidak ada kotoran, atau baiknya dengan menyemprotkan dengan tekanan udara dari kompresor.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa