Jaga Lubang Ini pada Tutup Tangki Sepeda Motor

Stanly Ravel - Selasa, 18 Oktober 2016 | 17:11 WIB

Jakarta, Otomania — Selain karet sil, pemilik motor juga wajib memperhatikan lubang ventilasi pada tutup tangki. Walau terlihat sepele, tetapi bila lubang itu sampai tertutup atau tersumbat, maka efeknya bisa berbahaya, terutama bagi sepeda motor yang masih menggunakan karburator.

Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center, menjelaskan bahwa lubang pada tutup tangki memiliki fungsi sebagai saluran pernapasan bahan bakar dari tangki ke karburator.

"Kalau tidak diperhatikan memang tidak ada yang lihat karena kecil sekali bentuknya. Bila lubang sampai tersumbat bisa membuat suplai bahan bakar ke karburator tidak berjalan atau vakum," ucap Rangga saat dihubungi Otomania, Selasa (18/10/2016).

Menurut dia, lubang ventilasi memiliki peran sebagai sirkulasi saluran udara dari luar untuk mendorong bahan bakar di dalam tangki menuju karburator. Bila lubang tertutup kotoran, otomatis laju bahan bakar tertahan, efeknya bisa membuat kerja mesin motor terhambat, atau kerap disebut berebet, bahkan mati mendadak layaknya kehabisan bahan bakar.

Karena itu, pemilik motor wajib menjaga kebersihan tutup tangki, terutama pada lubang ventilasi. Bila sudah kotor, segera bersihkan bagian itu dengan cara melepas tutup lalu semprotkan udara menggunakan kompresor.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa