Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waktu Tepat Ganti Paking Knalpot

Stanly Ravel - Rabu, 19 Oktober 2016 | 08:45 WIB

Jakarta, Otomania - Kebocoran knalpot akibat rusaknya paking, bisa menimbulkan banyak masalah. Mulai dari suara knalpot yang nembak-nembak, sampai overheat akibat keluarnya campuran bahan bakar dan sisa gas buang.

Lalu, kapan waktu tepat melakukan perganitan paking knalpot? Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center Rangga Noviar, menjelaskan untuk pergantian paking paling tepat dilakukan setelah membongkar knalpot.

"Baiknya saat melepaskan knalpot dan ingin memasang lagi langsung ganti dengan paking baru. Contoh, saat akan melakukan pembersihan ruang bakar head silinder, atau saat membongkar roda belakang motor matik yang mengharuskan melepas knalpot terlebih dahulu," papar Rangga kepada Otomania, Senin (17/10/2016).


Menurut dia, walau tidak ada periodik waktu yang menjelaskan kapan harus mengganti paking, tapi saat melepas knalpot dari blok silinder berisiko merusak lapisannya. Bila permukaannya sudah rusak, maka akan mengurangi tingkat kerapatannya.

Membiarkan paking knalpot yang rusak, sama saja membuat motor mengalami kedodoran kompresi. Meski masih berjalan, namun tenaga tidak akan maksimal, bahkan bisa menyebabkan penggunaan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa