Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cari Tempat Berteduh yang Aman dan Tak Bikin Macet

Aditya Maulana - Kamis, 13 Oktober 2016 | 14:33 WIB

Jakarta, Otomania - Ketika hujan, pengguna sepeda motor yang tidak membawa jas hujan pasti akan berteduh sampai guyuran air dari langit itu berhenti. Namun, terkadang tidak memikirkan faktor keamanan dan keselamatan.

Fenomena yang sering terjadi, yaitu berhenti atau meneduh di bawah jembatan layang alias fly over atau under pass. Bahkan, sampai membuat arus lalu lintas di sekitar menjadi macet, karena motor yang diparkir memakan bahu jalan tersebut.

Menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) menjelaskan, berteduh semestinya memegang teguh dua prinsip,  yakni aman dan selamat. 

Baca juga: Neduh di bawah fly over bisa kena tilang

"Aman dari segi kriminalitas dan tidak mengganggu arus lalu lintas.Sedangkan selamat, bermakna tidak memicu kecelakaan. Baik kecelakaan lalu lintas maupun tertimpa benda, atau pohon," ujar Edo saat dihubungi Otomania, Kamis (13/10/2016).

Edo melanjutkan, pengguna motor berteduhlah di tempat yang memenuhi kedua prinsip itu. Misalnya, bisa di gedung, rumah toko (ruko), atau tempat makan agar lebih aman dan nyaman.

"Jadi jangan di bawah flyover, cari tempat aman lain bagi diri sendiri atau pengendara lain," ucap Edo.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa