Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menjaga Lapisan Tambahan Bodi Jadi Lebih Awet

Setyo Adi Nugroho - Senin, 3 Oktober 2016 | 10:32 WIB

Jakarta, Otomania – Melindungi cat mobil dengan lapisan tambahan (coating) berteknologi nano saat ini lagi lumayan hits. Ibarat jaket, coating memberikan perlidungan ekstra pada permukaan cat di bodi mobil.

Meski demikian, agar perlindungan lapisan coating tahan lama dan kilaunya tetap terjaga perlu juga perawatan rutin oleh pemilik mobil.

“Perlindungan coating dengan teknologi nano saat ini sudah bisa sampai lima tahun Namun lamanya ketahanan ini akan lebih maksimal bila lapisan coating dirawat,” ucap Eddy Halim dari Carindo, distributor Nano Ceramic di Jakarta saat ditemui Otomania, Sabtu (1/10/2016).

Perawatan harian mobil yang telah dilapisi coating terbilang sederhana. Menurut Eddy, pemilik mobil hanya perlu mencuci secara rutin dengan air sabun atau shampoo mobil yang tidak mengandung conditioner atau wax.

Penggunaan sabun tanpa bahan tambahan ini artinya hanya akan mencuci permukaan lapisan nano. Bila menggunakan shampoo dengan tambahan elemen seperti conditioner dan wax dikhawatirkan akan menempel pada permukaan nano.

“Jadi malah ada permukaan baru di atas permukaan coating. Ini menyebabkan kemungkinan tertempel kotoran dan gejala oksidasi lebih cepat muncul,” ucap Eddy.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa