Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Datsun 200B Model Retro Racing

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 30 September 2016 | 13:21 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi penggemar Datsun klasik, model Datsun 200B ini bisa jadi jarang ditemui di jalanan Indonesia. Ini juga yang membuat sang pemilik, Harin Setioko atau akrab disapa Yoko, meminang mobil ini dan memutuskan untuk merestorasi total hingga ke bentuk saat ini.

“Dulu dapatnya kondisinya tidak begitu bagus. Terutama dari bodi, bentuknya banyak yang tidak orisinal. Saya ambil dan berusaha mengembalikan ke bentuk semula dengan sentuhan gaya racing retro,” ucap Yoko pada Otomania saat ditemui beberapa waktu lalu.

Mobil dengan kode rangka P811ini memiliki mesin Twin Spark 4 silinder yang cukup canggih pada jamannya. Mesin ini juga menjadi bagian restorasi yang dikerjakan Yoko.

Guna mengembalikan pada performa semula, Yoko mengganti komponen piston, ring piston dan paking setnya. Ini untuk menghilangkan rembesan oli yang waktu itu sudah masuk ke ruang bakar

Pada bagian kaki-kaki, perbaikan diterapkan dengan mencari suku cadang asli seperti balljoint, tie rod, hingga long tierod. Suspensi bawaan 200B tetap bertahan demi kenyamanan untuk berkendara sehari-hari.

“Supaya race look-nya makin terlihat, saya pesankan pelek racing dari Jepang untuk dipasangkan. Lantas ditambah over fender agar sesuai dengan pelek,” ucap Yoko.

Menurutnya, untuk ubahan fender, pemasangan pelek harus dilakukan lebih dulu. Ini agar bentuk fender lebih pas dengan pelek.

Bagian interiornya juga tetap dipertahankan sesuai desain orisinil. Cukup dibersihkan dan merapikan, bagian interior seperti jok kulit tetap dipertahankan. Tulisan Jepang pada doortrim dan tuas persneling berlapis krom membuat aura mobil klasik Jepang terasa di interiornya.

Yoko sering mengemudikan Datsun miliknya ini ke luar kota dan selama ini tidak mengalami masalah. Beberapa kali mobilnya diikutkan pameran dan selalu jadi pusat perhatian.

“Pengerjaan restorasi selama dua tahun. Modal mobilnya Rp 30 juta, dana yang dikeluarkan total Rp 80 juta. Puas banget, dan restorasi mobil ini sudah selesai,” ucap Yoko.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa