Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perjuangan Panjang Boyke sampai Diakui Harley-Davidson

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 23 September 2016 | 14:04 WIB

Jakarta, Otomania — Merek Harley-Davidson sudah menjadi legenda di industri otomotif dunia. Pabrikan yang berasal dari Amerika Serikat ini ternyata jadi tempat berkarya putra Indonesia. Pria hebat itu bernama Boyke P Soerianata.

Boyke saat ini adalah seorang Master Technician di HD Company wilayah Northern California. Posisinya ini tidak diraih dengan sekejap mata.

Setelah memutuskan profesinya tidak akan berkembang di industri perhotelan, ia pelan-pelan mempelajari mengenai industri otomotif, terutama sepeda motor, pada program pasca-sarjana Sacramento City College. Ia mengambil program kuliah malam agar bisa disambi bekerja di hotel.

"Saya memutuskan masuk jurusan industri sepeda motor. Saya sama sekali tidak tahu, mulai dari nol di bidang ini," ucap Boyke.

Selama dua tahun menempuh kuliah malam, akhirnya ia lulus dengan nilai IPK 3,4. Jurusan yang ia dalami adalah teknologi sepeda motor.

Selama di AS, Boyke berkenalan dengan putra Indonesia lain yang juga sedang menempuh pendidikan di negeri Paman Sam. Namanya Karl Simatupang, dan ia sedang kuliah di Universal Techical Institute (UTI) Arizona megambil studi Harley-Davidson.

Merasa mendapat teman yang sejalan, Boyke memutuskan untuk ke Arizona dan mengambil jurusan Industry of Harley-Davidson.

Selama 2,5 tahun, akhirnya ia lulus dengan nilai IPK 3,4 dan mendapat predikat Director List with Perfect Attendance. Predikat ini memudahkan dirinya untuk diterima di semua dealer Harley menjadi pegawai. Ia akhirnya memilih di California agar dekat dengan keluarganya.

Menurut Boyke, sekolah hanya mengajarkan 40 persen mengenai sepeda motor Harley. Ia terus-menerus belajar mengenai hal baru mengenai mesin Harley dan industri sepeda motor pada umumnya.

Banyak yang tidak menyangka akan ada orang Asia terutama dari Indonesia berada di HD. Postur Boyke yang kecil tampak kontras dengan mekanik lain HD yang bertubuh besar.

“Banyak yang bertanya saya dari mana. Saat saya jelaskan dari Indonesia, banyak yang tidak tahu. Begitu saya sebut Bali, mereka paham. Saya juga bekerja sekalian promosi negara Indonesia,” ucap Boyke.

Saat ini, Boyke terus bekerja di HD dan sebentar lagi akan memasuki masa pensiun di Harley Davidson. Ia berharap dapat pulang ke Indonesia dan menjadi guru di sekolah teknik awal dan teknik tinggi.

“Ada banyak ilmu yang ingin saya bagikan, terutama ilmu dasar yang bisa diteruskan ke generasi penerus, terutama di sekolah teknik awal dan teknik tinggi (sekolah tinggi),” ujar Boyke.

Biodata

Boyke P Soerianata. Lahir tahun 1974. Anak 3. Domisili California. Profesi PhD in Master Technician di Harley Davidson Motorcylce Company wilayah Northern California. Pendidikan SMAN 2 Bandung, Sekolah Perhotelan Bandung, Sacramento City College (Motorcycle Technology, pasca-sarjana), Universal Techical Institute (UTI) Arizona, HD University di Milwaukee USA.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa