Jangan Sembarangan Pasang Lampu LED

Stanly Ravel - Rabu, 21 September 2016 | 09:22 WIB

Jakarta, Otomania - Lampu LED (light emitting diode) dan DRL (daytime running light) memiliki beragam kelebihan. Untuk mobil yang belem dilengkapi kedua fitur ini, sebenarnya bisa saja memasang sendiri, namun aplikasinya harus baik dan benar.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, meski bisa dilakukan namun banyak orang yang kurang memperdulikan masalah instalasinya

"Bisa saja dipasang selama produknya ada, tapi ingat pasang LED itu kaitannya dengan kelistrikan, jadi tidak boleh asal pasang atau asal main sambung kabel yang ada saja," ucap Iwan kepada Otomania, Selasa (20/9/2016).

Menurutnya, masih banyak orang yang yang mengambil daya sembarangan ketika memasang LED. Contohnya dari salah satu lampu di bagian depan mobil, meski bisa dilakukan tapi efek jangka panjanganya cukup berisiko.


Bukan hanya itu, masalah menyambung kabel juga harus ekstra hati-hati. Iwan mengatakan sebisa mungkin jangan menyambung dengan kabel yang sudah ada, tapi lebih baik membuat jalur baru.

"Jangan menyutik arus dari yang sudah ada, ingat mobil sekarang memiliki ECU yang berbeda-beda, ada di mesin, pengeremann, dan airbag. Bila sembarang menyintik ke salah satu instalasi ECU maka bisa berisiko," kata Iwan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa