Pegal Bawa Motor Sport, Coba "Obat" Ringannya

Stanly Ravel - Senin, 19 September 2016 | 13:05 WIB

Jakarta, Otomania — Sepeda motor sport biasanya pakai kopling manual. Seiring penggunaannya, tali kopling rawan kotor, apalagi pada musim hujan yang memungkinkan air masuk dan mengendap hingga menimbulkan korosi dan karat.

Efek dari korosi tidak boleh dianggap enteng. Selain bisa memperpendek umur tali kopling, membiarkan karat bersarang juga bisa bikin tangan pegal karena lebih berat saat menariknya.

Bagi yang mau mengusir kotoran dan karat, ada tips mudah yang diberikan Selamet Pamuji dari Selta Motor di kawasan Condet. Proses pembersihan bisa dilakukan sendiri, tanpa perlu ke bengkel khusus.

"Gampang, tinggal buka setelan dari atas (tuas kopling), setelah itu sediakan bensin dan oli baru, campur keduanya lalu masukkan dari selongsong lapisan tali tadi," ucap Selamet saat dihubungi Otomania, Minggu (18/9/2016).

Setelah dimasukkan, tinggal dimainkan tali koplingnya dengan metode tarik ulur. Selain bensin dan oli, bisa juga dengan menggunakan cairan minyak rem, atau yang paling baik lagi disemprotkan cairan anti-karat.


Pastikan semua kotoran keluar, termasuk noda karat. Setelah selesai giliran mengoleskan grease atau gemuk di tali kopling. Usahakan merata mengenai semua bagian agar proses memakai kopling lebih licin dan lancar.

"Lebih baik pakai gemuk karena tidak mudah kering seperti oli. Jangan lupa setel kopling kembali, usahakan pada posisi ideal di tengah-tengah, jangan terlalu tinggi atau rendah," kata Selamet.


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa