Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solusi Murah Atasi Tali Kopling Motor Putus

Stanly Ravel - Rabu, 27 April 2016 | 08:25 WIB

 Jakarta, Otomania - Tali kopling pada sepeda motor berfungsi sebagai penghubung transmisi manual ke sistem gir box saat akan memindahkan gigi. Ketika putus dalam perjalanan tentu sangat merepotkan.

Bukan repot, tapi juga biaya perbaikannya lumayan mahal, karena biasanya harus mengganti satu set dengan pelapis bagian luar. Menanggapi hal ini Slamet Pamuji dari Selta Motor punya solusi yang lebih hemat.

"Yang putus itu tali bagian dalam bukan luar, jadi bisa diganti dalamnya saja. Memang kalau beli di bengkel resmi atau umum tidak ada semua rata-rata satu set (luar-dalam) apalagi untuk jenis motor baru saat ini. Cara mudah dan murahnya tali kopling Vespa saja," ujarnya saat dihubungi Otomania, Selasa (26/4/2016).

Menurutnya, tali kopling Vespa 2-tak banyak dijual dan mudah untuk didapatkan. Harganya pun hanya berkisar Rp 8.000 sampai RP 10.000, jelas lebih murah dibandingkan membeli satu set dengan bagian kulit luar.


Untuk cara pasang, tinggal lepas tali kopling yang putus lalu masukan tali kopling Vespa. Sebelum mamasukan tali baru, baiknya pelindung luar di bersihkan dengan menggunakan cairan bensin. Hal ini berguna untuk merontokan kotoran yang ada di dalamnya, setelah itu lumasi dengan gemuk.

"Biasanya tali kopling Vespa nepel (kaitan ke tuas kopling atas) ujungnya besar, kadang tidak cocok dengan lubang pada tuas kopling. Akalinya cukup digerinda sedikit saja. Setelah itu kencangkan kaitan pada tuas di bak kopling, usahkan benar-benar kencang agar tidak terjadi slip kopling," paparnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa