Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Ciri-ciri Kabel Kopling Akan Putus

Stanly Ravel - Selasa, 20 Oktober 2015 | 07:06 WIB

Jakarta, Otomania - Motor dengan tuas kopling memiliki resiko putus dalam kondisi tertentu. Hal ini biasanya akibat umur pemakaian atau soal perawatan dan pemasangan yang kurang teliti.

Putus kabel kopling saat beraktivitas bisa sangat menjengkelkan. Seperti halnya putus cinta di tengah jalan saat menuju pelaminan. Oleh karena itu penting untuk mengenali gejala tali kopling yang akan putus sebelum direpotkan di tengah jalan.

"Kabel kopling juga punya umur pemakaian selain harus dirawat. Gejalanya bisa dari setelan tuas kopling yang berubah, atau saat menarik terdengar bunyi dari tuas karena serat kawat sudah kering dan berkarat," ucap Slamet Pamuji dari bengkel Selta kepada Otomania, Condet-Jakarta Timur (19/10/2015).

Menurutnya, salah satu cara mudah mengenali ciri kabel kopling akan putus adalah dengan merasakannya sendiri. Bila setiap hari menggunakan motor saat meremas tuas kopling ada yang berubah, layaknya tuas kopling terasa lebih ringan karena setelah kendur atau saat diremas timbul bunyi-bunyiaan, itu sudah menjadi salah satu gejala awal yang harus diwaspadai.

Gejala tuas kopling yang kendur biasanya terjadi akibat serat kawat seling yang bentuknya seperti helai rambut sudah mulai putus, sehinga membuat rengang setelannya. Bila terdengar suara mengerat, itu juga menjadi indikasi bahwa kabel kopling sudah ada yang putus atau menempel dengan sarung kabelnya karena kering dan berkarat.

"Penting untuk penguna motor kopling membawa kabel kopling cadangan, tapi kalau bisa membeli yang original. Karena biasanya yang kalau beli talinya saja tanpa disertai nepel (pegangan tali ke tuas kopling) yang langsung melekat, kurang maksimal mengikatnya sehingga sering putus," ucapnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa