Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Menyusahkan Orang Lain Saat Parkir Paralel

Aditya Maulana - Kamis, 15 September 2016 | 07:22 WIB

Jakarta, Otomania — Pernah mendapatkan situasi parkir paralel, tetapi kondisi mobil lain yang parkir ternyata tidak bisa didorong maju atau mundur? Menyusahkan bukan. Karena itu, simak bahasan berikut ini.

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu fungsi dari shift lock pada mobil bertransmisi otomatis. Biasanya, fitur tersebut  tempatnya berada di sekitar tuas transmisi.

Lantas, tahukah Anda apa kegunaan tombol shift lock tersebut? Jawabannya cukup mudah, itu untuk menetralkan posisi transmisi pada mobil matik. Nah, biasanya fitur ini baru diaktifkan ketika parkir pararel.

"Jadi, ketika diaktifkan, gunanya untuk melepaskan tuas transmisi dari P ke posisi lainnya (umumnya netral) ketika mesin sudah dimatikan dan anak kunci sudah dicabut," ujar General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi kepada Otomania, Rabu (14/9/2016).

Dadi melanjutkan, pada beberapa model mobil matik sekarang, bentuknya sudah tidak lagi tombol, melainkan lubang yang harus dimasukkan anak kunci.

"Jadi, cara mengaktifkannya masukkan kunci kontak, maka otomatis transmisi netral," ucap Dadi.

Menurut Dadi, fitur tersebut selalu tersedia di mobil matik. Walaupun tidak ada, tetap disediakan prosedur khusus yang maksudnya sama seperti shift lock.

"Lebih tepatnya, digunakan ketika parkir pararel karena transmisi harus netral," kata Dadi.

Nah, bagi yang belum tahu, bisa langsung menerapkan ketika parkir pararel di pusat perbelanjaan atau tempat lainnya. Sebab, jika tidak diaktifkan, mobil tidak bisa didorong karena transmisinya belum netral.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa