Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lampu Rem Nyala Terus, Ini Penyebabnya

Stanly Ravel - Rabu, 14 September 2016 | 10:25 WIB

Jakarta, Otomania — Lampu rem pada sepeda motor berfungsi sebagai informasi dan tanda bagi pengendara lain di belakang. Seiring penggunaannya, lampu rem juga bisa mengalami masalah, salah satunya lampu yang menyala terus meski rem tidak ditekan, terutama pada motor matik.

Selamet Pamuji dari Selta Motor di Condet, Jakarta Timur, mengatakan bahwa masalah lampu rem yang menyala terus disebabkan oleh switch (tombol) yang bermasalah.

"Penyebab umumnya karena switch pada rumah tuas rem yang tidak maksimal saat ditekan. Posisi tombol switch sudah maju ke depan dan bikin lampu rem menyala terus meski tuas rem tidak ditekan," ucap Selamet kepada Otomania, Minggu (11/9/2016).

Menurut dia, hal ini cukup wajar pada motor matik yang penggunaan rem lebih intens dibandingkan motor yang menggunakan transmisi. Switch yang sudah lemah bisa terjadi akibat beberapa hal, seperti terhambat kotoran sampai lubang as pengungkit yang sudah terkikis.

Untuk mengatasinya, bisa dicoba dengan membersihkan switch terlebih dahulu. Namun, bila kondisi tatakan tombol yang sudah aus, itu lebih baik diganti baru agar lampu bisa kembali mati dan tidak membahayakan pengendara di belakangnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa