Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Agar Aman Beli Motor Bekas, Perhatikan Ini

Stanly Ravel - Selasa, 13 September 2016 | 08:05 WIB

Jakarta, Otomania — Meski harga sepeda motor bekas lebih murah, jangan sembarangan saat akan membelinya. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan transaksi pembelian.

Hal paling utama adalah kondisi motor. Rachmat sebagai pedagang motor bekas rumahan di Condet, Jakarta Timur, menjelaskan, ada beberapa langkah penting yang harus dicermati pembeli.

"Kondisi bodi, kaki-kaki, dan mesin. Tiga faktor itu yang penting untuk dipastikan kondisinya," kata Rachmat kepada Otomania, Sabtu (10/9/2016).

Untuk bodi cukup mudah dilihat dengan mata, begitu juga dengan kaki-kaki. Untuk mesin, selain melihat apakah ada rembesan oli dan baut yang rusak, Rachmat menyarankan untuk memastikan kondisi olinya.

"Kebanyakan mengakali suara mesin halus dikasih oli yang kental. Untuk mengecek memang tidak mudah karena perlu orang yang ahli untuk memastikan ini," ucap dia lagi.

Setelah melihat visual, pembeli wajib merasakan motor secara langsung. Pastikan kondisi motor cukup baik, mulai dari posisi setang yang masih stabil saat dikendarai sampai kampas rem yang masih bekerja. Jangan lupa cek masalah kelistrikan.

Langkah terakhir adalah mengenai keabsahan surat-surat berkendara, termasuk mencocokkan nomor rangka dan mesin dengan saksama. Perhatikan masa pajaknya. Untuk masalah surat-surat, Rachmat menyarankan pengecekan langsung ke layanan polisi agar lebih pasti melalui SMS ke 1717.

"Bisa pakai SMS ke polisi, tinggal ketik Metro, lalu nomor polisi terus kirim ke 1717. Jangan lupa pantau harga pasaran motor, bisa tanya-tanya ke pedagang lain lebih dulu agar tidak kejebak harga tinggi," ujar Rachmat.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa