Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Fungsi "Parking Brake Lock" di Skutik

Stanly Ravel - Senin, 12 September 2016 | 09:35 WIB

Jakarta, Otomania — Sepeda motor skutik saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi parking brake lock, seperti pada skutik Honda dan Yamaha. Bila belum ada yang paham, sistem kerja dari fitur ini sebenarnya sama seperti rem tangan (hand brake) pada mobil.

Fitur ini bisa ditemui tepat di atas tuas rem belakang yang posisinya ada di sebelah kiri. Untuk menggunakannya, cukup tekan tuas rem, lalu tekan tuas kecil hingga mengunci.

Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center, menjelaskan bahwa fitur parking brake lock memiliki beberapa fungsi yang sangat membantu pengendara.

"Bila dijabarkan, kegunaannya adalah untuk membantu pengendara ketika sedang berhenti di jalan menanjak atau menurun. Bisa juga diterapkan saat sedang parkir agar terhindar dari risiko motor loncat ketika pedal gas dibuka berlebihan," ucap Rangga kepada Otomania, Rabu (31/8/2016).

Rangga menerangkan bahwa fitur parking brake lock pada skutik Honda bekerja dengan mengunci sistem pengereman di roda belakang. Meski masih menggunakan tromol, itu tetap efektif menjaga roda tidak bergerak yang memudahkan pengendara tanpa harus terus-menerus menekan rem ketika berhenti di tanjakan atau turunan.

"Roda belakang menjadi penggerak utama, jadi meski belum pakai cakram tetap bisa aman menjaga motor selama kampasnya masih dalam kondisi baik," kata Rangga.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa