Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Calya “Ngacir” Menanjak ke Garut

Agung Kurniawan - Senin, 12 September 2016 | 06:02 WIB

Garut, Otomania – Saat resmi diperkenalkan awal Agustus lalu, Toyota Calya sudah berhasil membuai banyak konsumen di Indonesia. Buktinya, dalam jangka waktu sebulan, jumlah pesanan yang masuk sudah tercatat 17.300 unit, dua kali lipat lebih dari target penjualan yang cuma 8.000 unit per bulan.

Tetapi, apa benar Calya begitu fenomenal sehingga mampu menarik bagi konsumen. Kali ini, Otomania mau mencoba performanya lewat ajang “Media Test Drive Astra Toyota Calya - Wonderful  Journey” menempuh rute Bandung-Garut, Kamis (8/9/2016). Tanjakan Nagreg yang sudah ternama akan jadi santapan utama Calya, mobil murah andalan terbaru Toyota ini.

Awal perjalanan, Otomania tergabung dengan tiga rekan media lain dalam Calya tipe G transmisi otomatis (AT) 4-percepatan. Awal perjalanan, kami duduk di bangku penumpang depan, menikmati kabin Calya yang lumayan nyaman. Soal ini akan kami bahas dalam artikel lain.

Tim dibekali peta tulip, memulai perjalanan dari Vanilla Cafe di Jalan Cimanuk, Bandung menuju Tol Cileunyi, Rancaekek, Nagreg, sampai titik pemberhentian pertama di restoran Asep Stroberi. Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan, sekarang, giliran Otomania duduk di balik kemudi, mengarah Kamojang Green Hotel di Garut.

Di Balik Kemudi

Sebelum memulai perjalanan, posisi duduk coba diatur sedemikian rupa demi kenyamanan berkendara, jok bisa maju-mundur sekaligus reclining. Tubuh tambun dengan tinggi 178 cm, mampu terkompensasi dengan apik, tetapi dengan memundurkan sedikit jok.

Pandangan mata langsung tertuju pada multi information display (MID) yang terintegrasi pada panel meter di balik kemudi. Sama seperti sang kakak, Toyota Agya, mobil ini juga tersedia logo Eco yang mengajak pengemudi untuk berperilaku santun saat berkendara, sehingga menghasilkan efisiensi konsumsi bahan bakar yang optimal. Informasi lain, seperti oddo meter, posisi transmisi, trip A, B, dan rata-rata konsumsi bahan bakar jadi sajian standar.

Penempatan tuas transmisi yang menyatu di dasbor, tepatnya di bawah sistem audio dan sejajar dengan pengatur Air Conditioner (AC) mudah dijangkau. Sandaran tangan di antara jok pengemudi dan penumpang depan juga menunjukkan cara cerdik menciptakan suasana nyaman di anjungan.

Penyejuk ruangan yang aktif pada posisi level satu, dengan tingkat kedinginan maksimal, mampu menunjang suasana kabin lebih optimal. Mungkin karena cuaca hari itu tak terlalu panas, cenderung mendung.


Performa Mesin

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa