Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Macet "Long Weekend" Dimulai Siang Ini

Stanly Ravel - Jumat, 9 September 2016 | 08:40 WIB

Jakarta, Otomania - Libur panjang menyambut Idul Adha akan dimulai pada Jumat (9/9/2016). Pihak kepolisian memprediksi peningkatan volume kendaraan akan dimulai sejak siang ini.

Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya Agustin Susilowati, mengatakan sehabis sholat Jumat volume kendaraan akan mulai bertambah, terutama di jalan tol menuju ke luar kota.

"Biasanya kalo libur long weekend sudah dimulai setelah sholat Jumat. Peningkatan volume kendaran menuju ke luar kota, seperti Cikampek dan Jagorawai kami prediksi meningkat dari siang hingga malam hari," ucap Agustin saat dihubungi Otomania, Kamis (8/9/2016).

Menurutnya, banyak orang kerja yang pulang awal untuk pergi ke luar kota, baik untuk berlibur atau pulang kampung menyambut Idul Adha. Momen ini akan membuat beberapa ruas jalan dalam kota mengalami kemacetan.

"Untuk puncak kemungkinan besar di sore hari. Ini bisa berimbas sampai jalan dalam kota, karena kalo bicara puncak keberangkatan itu rata-rata semua orang sama, beda dengan arus balik yang umumnya tidak berbarengan," kata Agustin.

Buka-Tutup

Sebagai langkah antisipasi kamacetan dan penumpukan volume kendaraan, pihak kepolisian juga akan memberlakukan sistem buka-tutup di beberapa titik. Contohnya pada beberapa rest area sampai pintu tol.


Rekayasa penutupan pintu-pintu tol akan diberlakukan bila jarak antrean sudah mencapai 5 km. Contoh, bila pintu Cipali sudah pada, otomatis pintu Cikarang utama akan dikurangi sebagai agar arus tidak terlalu padat, efeknya akan mempengaruhi sampai ruas tol dalam kota, seperti Cawang dan JORR.

"Bila sudah padat, pintu tol dalam kota juga akan kami berlakukan buka tutup. Pemudik akan diarahkan melalui jalur biasa, untuk ke Cikampek dan Bandung akan diarah melalui Kalimang melewati Bekasi hingga terus sampai pintu tol terdekat di sana," papar Agustin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa