Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Plus Minus Naikkan Dimensi Pelek Mobil

Stanly Ravel - Selasa, 6 September 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania - Pelek menjadi sasaran utama saat akan memodifikasi mobil. Cukup dengan meningkatkan dimensinya, terbukti ampuh untuk mendongkrak estetika tampilan mobil.

Selain menamban tampilan, menaikan diameter pelek juga menjadi cara mudah meningkatkan sisi pengendalian. Dengan tapak yang lebih lebar membuat ban menampak lebih sempurnya yang membuat traksi ketika melakukan pengereman lebih baik.

"Selain bikin tampilan lebih menarik, pakai ban tapak lebar memang bisa bikin pengendalian lebih sempurna. Tapi sebisa mungkin harus disesuaikan dengan jenis mobil dan peruntukannya," ucap Fendy dari rumah modifikasi pelek aftermarket Stance Motor Sport (SMS) kepada Otomania, Senin (5/9/2016).

Menurutnya, dengan cengkraman ban yang lebih rata menapak ke aspal otomatis semua grid ban akan bekerja maksimal. Dengan begitu akan membuat jarak pengereman lebih pendek dari penggunaan pelek standar.


Meski memiliki nilai lebih, tapi penggunaan pelek lebar juga ada sisi negatifnya. Mulai dari kenyamanan yang berkurang sampai sisi efesiensi bahan bakar yang lebih boros dibandingkan pelek standar.

"Menaikkan ukuran pelek otomatis mengganti profil ban yang cenderung menjadi tipis untuk menjaga dimensi lingkar luar roda tetap sama. Akibat pakai ban tipis bikin mobil terasa lebih keras, kenapa? Ban itu berfungsi juga sebagai peredam, karena tipis jadi hilang fungsi peredamannya," ucap Fendy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa