Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siapkan Dana Rp 500.000 buat Ganti Oli Xenia Baru

Stanly Ravel - Senin, 29 Agustus 2016 | 13:35 WIB

Jakarta, Otomania - Daihatsu Great Xenia memiliki spesifikasi kekentalan oli mesin yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Melalui pengembangan mesin baru, Xenia kini menggunakan oli yang lebih encer, yakni 0W-20.

Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, menjelaskan bahwa perubahan rekomendasi oli Xenia mengikuti perkembangan kebutuhan dari mesin modern yang saat ini digunakan. Efek dari perubahan oli ini juga mempengaruhi dari biaya perawatan berkalanya.

"Secara dampak memang harga lebih mahal. Untuk genuine oli full synthetic Daihatsu sendiri yang 0W-20 per liternya itu Rp 120.000," ucap Anjar kepada Otomania, Minggu (28/8/2016).

Dengan kapasitas oli Xenia baru sebanyak 3,5 liter, otomatis konsumen akan membeli dalam paket empat liter. Bila dikalikan, harga sekali pergantian oli Great Xenia mencapai Rp 480.000, bila sekaligus mengganti filter oli maka bisa lebih dari Rp 500.000.

Pembengkakan harga oli Xenia diakui Anjar karena memang spesifikasi oli encer memiliki harga yang tidak murah. Bukan hanya oli bawaan Daihatsu, oli lain yang ada di pasaran dengan spesifikasi 0W-20 kisaranya berada di atas Rp 100.000 per liternya.


Meski demikian, Anjar menjelaskan bahwa untuk pilihan yang lebih ekonomis, pemilik Xenia baru masih bisa mengkonsumsi jenis oli dengan spesifikasi 5W-30. Soal harga, kisarannya lebih murah dari 0W-20.

"Pergantian oli mobil tidak sebulan sekali, paling tidak bisa sampai enam bulan tergantung jarak tempuh. Sebagai rekomendasi kita ada dua pilihan, 0W-20 dan 5W-30, untuk performa yang lebih optimal pilihannya 0W-20 tapi mau yang lebih ekonomis bisa menggunakan 5W-30, harganya kalau tidak salah di bawah Rp 100.000," kata Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa