Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatian, Spek Oli Avanza Baru Beda dengan Model Lawas

Aditya Maulana - Senin, 29 Agustus 2016 | 07:25 WIB

Jakarta, Otomania - Mungkin masih banyak orang yang belum tahu jika spesifikasi penggunaan oli Toyota Avanza model lama dengan yang baru berbeda. Tipe lawas bisa menggunakan 10W-40 atau 10W-30, sedangkan terbaru standar dari pabriknya sudah 0W-20.

General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi menjelaskan, sejak menggunakan mesin baru, oli yang diisikan ke mobil dari pabrik sudah menggunakan spesifikasi tersebut.

"Alasannya, untuk mengurangi fraksi terutama saat mesin masih dingin," ujar Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat, Minggu (28/8/2016).

Menurut Dadi, sejak Avanza terbaru meluncur, yaitu tahun lalu mesinnya sudah berbeda dengan versi sebelumnya. Keuntungannya, memiliki presisi lebih baik, sehingga konsumsi oli tetap maksimal meski menggunakan yang encer.

"Kalau Avanza lama tidak direkomendasikan pakai oli yang speknya 0W-20. Sebab, risikonya konsumsi oli akan boros atau akan cepat habis dan menimbulkan bunyi," kata Dadi.

Sementara itu, pengguna Avanza model terbaru bisa menggunakan oli terbaru dari Toyota Motor Oil (TMO) Lubricant, yakni TMO Lubricant Full Synthetic 0W-20 ECO Power API SN GF-5.

Pelumas tersebut pertama diluncurkan pada 2015, dan dihadirkan memang untuk mesin terbaru Toyota yang dipasang di Grand New Avanza, Grand New Veloz.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa