Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Kabin Mobil Terbebas Bau Apek

Setyo Adi Nugroho - Senin, 29 Agustus 2016 | 10:45 WIB

Jakarta, Otomania – Cuaca yang belakangan ini hujan berpotensi berpengaruh pada kondisi kesegaran udara kabin mobil kesayangan. Bila masuk ke dalam kabin dengan bagian badan terkena hujan atau jok basah bisa meninggalkan bau apek yang sulit hilang jika tidak ditangani dengan baik.

“Bau apek pada kabin itu tanda kabin dalam keadaan kotor. Bisa bekas terkena hujan saat membuka pintu atau berasal dari benda yang terdapat di kabin sehingga mempegaruhi proses sirkulasi udara menjadi tidak segar,” ucap Anto, salah satu detailer di Green Car Spa, saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan seluruh kabin dari kotoran baik di karpet dasar maupun yang hadir dari benda-benda tertinggal di dalam kabin. Pengerjaan ini bisa dilakukan sendiri asalkan dilakukan dengan seksama atau jika tidak ingin repot gunakan jasa bengkel car detailing untuk membersihkanya.

Keluarkan semua karpet pelapis dan bersihkan lalu jemur di bawah sinar matahari. Kemudian hilangkan kotoran membandel di dasar kabin dengan vacuum atau sikat kecil. Buang semua benda-benda yang sudah tertinggal lama di kabin yang tidak memiliki fungsi dan hanya membuat kabin nampak kotor.

“Bagian jok kalau bisa dilepas dan ikut dijemur di bawah sinar matahari agar apek hilang,” ucap Anto.

Meski jarang disinggung, namun filter kabin pada kendaraan terkini juga berpengaruh pada timbulnya bau apek. Cek filter kabin apakah sudah kotor karena akan berpengaruh pada kualitas udara saat penyejuk kabin di aktifkan.

Terakhir untuk menghilangkan bau, gunakan daun pandan atau biji kopi yang ditempatkan dalam wadah dan tinggalkan dalam kabin beberapa waktu. Ini lebih efektif daripada harus menggunakan pewangi kimia yang dapat meninggalkan noda dan hanya efektif dalam jangka waktu sebentar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa