Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pameran Bertema "Green Technology" Minim Mobil Konsep

Stanly Ravel - Sabtu, 20 Agustus 2016 | 09:50 WIB

Tangerang, Otomania — Ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) menjadi pameran berskala internasional. Selain mobil baru, para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) juga menampilkan teknologi yang disodorkan pada mobil konsepnya.

Untuk tahun ini, hanya ada empat mobil konsep yang yang hadir, padahal panitia GIIAS sendiri mengedepankan tema "Green Technology for a Better Future". Keempat mobil konsep tersebut mengusung teknologi hidrogen yang diklaim sebagai mobil masa depan yang ramah lingkungan.

Mirai

Mobil pertama adalah generasi baru dari Toyota Mirai. Sedan futuristik ini datang tanpa mengandalkan bahan bakar minyak (BBM). Asupan tenaga Mirai hanya memanfaatkan hidrogen (HO2) alias air yang dikolaborasikan dengan motor listrik atau fuel cell.

Tenaga listrik dihasilkan dari proses kimia hidrogen. Dalam kondisi penuh, mobil ini mampu melaju hingga 502 km, sedangkan tenaga terbesar yang dihasilkan adalah 113 kW atau setara 152 hp.

FCV


Mobil konsep kedua masih datang dari keluarga Toyota, yakni FCV. Mobil ini pertama kali muncul pada Tokyo Motor Show pada 2015. Salah satu teknologi andalannya adalah power sharing untuk beragam kebutuhan layaknya generator.

FCV mampu berjalan menggunakan sumber listrik yang dikolaborasikan juga dengan hidrogen. Bedanya dengan Mirai, FCV belum diproduksi secara massal.

Clarity

Selanjutnya datang dari kubu Honda Prospect Motor yang memboyong sedan futuristik pesaing Toyota Mirai, Honda Clarity Fuel Cell. Mobil ini mengandalkan perpaduan antara motor listrik dan tenaga hidrogen.


Motor listrik yang digunakan mampu menghasilkan tenaga sebesar 176 ps dan torsi 300 Nm, sedangkan tenaga dari fuel cell sebesar 140 Ps. Dari data spesifikasi, sedan berparas mewah ini mampu menjelajah sejauh 750 km dalam sekali pengisian penuh yang hanya membutuhkan waktu tiga menit.

LF-CF

Mobil konsep bertenaga fuel cell yang terakhir hadir dari Lexus, yakni LF-LC. Sama dengan FCV Toyota, mobil ini hadir pertama kalinya di ajang Tokyo Motor Show 2015.

Sumber tenga dari mobil ini dilahirkan dari bahan bakar hidrogen yang disalurkan ke bagian roda belakang. Selain itu, motor listrik juga menopang tenaga ke roda penggerak di bagian depan yang membuat mobil ini memiliki sistem penggerak empat roda.


LF-CF hadir dengan desain yang kental dengan nuansa sport. Spindle gril menjadi tanda kemewahan Lexus yang dikolaborasikan dengan desain tajam di setiap bagiannya. Kesan anggun juga ditonjolkan melalui konsep kupe dan L-shaped daytime running light yang berada di bagian tengah fender depan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa