Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Hadapi Lintasan Licin dan Berbatu saat "Off-Road"

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 7 Agustus 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania – Meski dilakukan sebatas hobi, namun kegiatan bersepeda motor off-road memerlukan keahlian menghadapi siuasi tertentu. Jalur yang beragam membutuhkan persiapan keahlian yang mumpuni bagi seorang biker, jika dilakukan dengan sembarangan bisa membuat celaka.

“Persiapan bagi para pemula jelas melatih penggunaan seluruh bagian sepeda motor dan mengenali karakter motornya. Jika ini sudah sering dilakukan, otomatis nantinya tubuh akan menyesuaikan dan dapat memberi reaksi cepat saat menghadapi situasi tertentu di jalur off-road,” ucap Frans Tanujaya, biker senior offroad saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Khusus menghadapi jalur lintasan yang licin, biker harus menjaga keseimbangan sepeda motor. Penggunaan gigi transmisi jangan terlalu rendah karena akan membuat lonjakan putaran mesin saat tuas gas diputar dan menyebabkan slip pada ban sehingga kehilangan traksi.

“Disarankan menggunakan gigi dua atau tiga sembari tetap menjaga bukaan gas,” ucap Frans.

Menghadapi jalan yang berbatu, biasanya ditemui di lintasan perkebunan, biker harus memperhatikan jalan yang akan dilewati. Usahakan tidak melalui jalur yang memiliki bentuk batu yang tajam atau menonjol cukup tinggi.

“Selain itu posisi badan harus tetap rileks dan mengikuti gerakan suspensi sepeda motor. Konsentrasi tinggi juga diperlukan agar keseimbangan motor terjaga,” ucap Frans.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa