Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fitur Unik yang Ada pada Calya-Sigra

Stanly Ravel - Kamis, 4 Agustus 2016 | 08:52 WIB

Jakarta, Otomania - Selain bentuk rem tangan (hand brake) yang sama dengan tuas transmisi (otomatis), ada fitur lain yang unik ada pada duet, Calya-Sigra. Adalah sistem air circulator yang berfungsi menyalurkan udara dingin yang ada pada bagian depan menuju belakang kabin, melalui saluran khusus.

Sistem ini diciptakan karena memang dua mobil murah (low cost and green car/LCGC) tidak dilengkapi penyejuk ruangan dengan sistem double blower, untuk kabin tengah dan belakang. Namun, dengan air circulator diharapkan sensasi dingin yang dinikmati pengemudi dan penumpang depan-karena dekat lubang AC-bisa sampai ke tengah dan belakang.

Sekilas, tampilannya mirip dengan double blower tapi secara fungsi jauh berbeda. Fitur ini dilengkapi dengan tuas pengatur kipas yang berfungsi menyedot udara dingin dari depan disalurkan ke belakang.Desainnya yang tipis juga tidak memakan banyak ruang head room di baris kedua.

"Hembusan AC di baris depan diserap masuk ke saluran melalui lubang pada plafon dan keluar dari ventilasi seperti double blower, jadi penumpang tetap aman dan sejuk," ucap wiraniaga salah satu diler Daihatsu, di Jakarta Timur, Rabu (3/8/2016).


Sayangnya, Otomania belum sempat merasakan kesejukan dari air circulator di kabin Sigra. Logikanya, kesejukan udara pada baris pertama dan kedua sangat tergantung dari tingkat AC yang digunakan pada baris pertama, bila blower-nya kecil dan berkendara di siang hari tidak ada jaminan mampu meyejukan hingga kabin belakang.

Sedangkan bila dinilai dari dampak positif, tanpa adanya double blower maka kerja mesin 1.200 cc Sigra akan lebih maksimal. Tingkat konsumsi bahan bakarnya pun akan lebih irit.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa