Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Kaprah Kode "R" pada Busi

Stanly Ravel - Kamis, 28 Juli 2016 | 14:05 WIB

Jakarta, Otomania — Sepeda motor modern rata-rata sudah menggunakan mesin injeksi. Secara teknis mesin ini berbeda dengan mesin konvensional, termasuk komponennya, seperti busi.

Busi pada motor injeksi memiliki kode "R" yang berarti resistor. Sayangnya, kebanyak orang menggangap kode busi "R" ini sebagai busi high performance alias racing.   

AB Andra, Aftermarket Sales Manager PT NGK Busi Indonesia, mengatakan, sampai saat ini banyak orang yang masih mengira kode "R" pada busi motor injeksi itu sebagai tanda racing.

"Percaya tidak percaya, sampai saat ini masih banyak yang begitu, mungkin karena edukasi yang kurang. "R" pada busi injeksi itu menunjukkan resistor, bukan racing," ucap Andra saat dihubungi Otomania, Kamis (28/7/2016).

Andra menjelaskan, resistor pada busi berfungsi untuk meredam radiasi yang terjadi dari percikan busi.  "Ibaratnya sebagai filter agar api yang keluar tidak bulat-bulat, tetapi yang pure api saja," kata Andra.

Menurut dia, motor atau mobil yang sudah mengadopsi sistem injeksi cukup rentan dengan masalah kelistrikan, yang salah satu sumbernya dari busi. Oleh karena itu, busi yang menggunakan resistor pun dibuat agar percikan api lebih terkontrol dan bebas dari radiasi ketika digunakan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa