Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modal Busi Bekas, Penjahat Bisa Beraksi!

Stanly Ravel - Jumat, 22 Juli 2016 | 08:31 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta, Otomania - Kasus pembobolan mobil saat ini banyak berkembang dengan modus baru. Salah satunya dengan memecahkan kaca hanya dengan bermodalkan serbuk keramik pada busi.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDD) mengatakan serbuk dari pecahan keramik atau insulator bisa menjadi senjata yang berbahaya bila digunakan dengan tidak tepat.

"Serbuk busi memiliki tingkat kekerasan dan ketajaman hampir serupa dengan intan, kalau tidak salah sebutannya itu Mohs. Karena ketajaman intan selain jadi barang mahal, juga sering digunakan untuk membelah sesuatu yang sifatnya keras," ucap Jusri kepada Otomania, Kamis (21/7/2016).

Dari beberapa sumber, keramik busi memiliki sebutan oxide ceramic. Bahkan di beberapa kawasan di Amerika, keramik busi ini masuk dalam kategori senjata perampokan yang kerap disebut "Ninja Rocks" karena sifatnya yang tidak berisik tapi cukup mematikan, dalam kasus pencurian seperti memecahkan kaca.

Menurut Jusri, kasus pembobolan dengan menggunakan pecahan busi memang bukan tergolong baru. Namun para pemilik mobil wajib untuk mewaspadai, karena sangat memungkinkan bila saat ini banyak digunakan karena sifatnya yang fleksibel tanpa membutuhkan perkakas yang menonjol, seperti balok atau palu.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa