Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jaga Udara Kabin Mobil Tetap Segar

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 21 Juli 2016 | 12:31 WIB

Jakarta, Otomania - Salah satu komponen kendaraan yang berhubungan dengan kenyamanan namun jarang disentuh oleh pemilik mobil adalah filter kabin. Filter kabin ini berhubungan dengan air conditioner (AC), berfungsi untuk menyaring udara yang berputar dalam kabin.

"Filter kabin ini jadi komponen penting untuk kenyamanan terutama berhubungan dengan kinerja AC. Fungsinya untuk menyaring udara yang masuk ke evaporator agar bebas debu," ucap Sutikno, operasional bengkel Denso Jatiwaringin saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Salah satu kelebihan adanya filter kabin ini adalah kabin akan terhindar dari bau tak sedap akibat kotoran. Dari segi kesehatan, filter kabin dapat menyerap beberapa partikel kecil seperti serbuk sisa makanan, spora, bakteri, debu dan asap rokok yang berbahaya jika terhirup pernapasan.

Namun filter kabin juga memiliki umur penggunaan. Apabila filter kabin sudah sangat kotor hal ini berpengaruh pada kinerja AC mendinginkan kabin. Paling parah adalah timbulnya bau tak sedap akibat filter yang dipenuhi kotoran.

"Untuk itu biasanya setiap enam bulan sekali atau 10.000 km filter diganti. Penggantian filter ini tergantung dengan kondisi lingkungan pemilik mobil. Jika tinggal ditempat berdebu filternya akan lebih cepat diganti," ucap Sutikno.

"Membersihkan filter kabin juga tidak disarankan. Baiknya ganti. Ini karena fungsi filter kabin yang cukup vital dalam menjaga udara di dalam kabin. Saat ini harga filter kabin pun cukup terjangkau, sekitar Rp 150 ribu. Paling tidak manfaat utamanya yang harus dirasakan pemilik mobil," ucap Sutikno.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa