Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Virus Korosi di Cuaca Tak Menentu

Stanly Ravel - Senin, 18 Juli 2016 | 12:05 WIB

Jakarta, Otomania - Hingga masuk pertengahan 2016, cuaca masih belum stabil. Tingginya curah hujan serta panas masih sering bergantian terjadi, dan tanpa disadari kondisi ini tidak baik bagi perawatan sepeda motor, khususnya motor yang memiliki atribut krom.

Kondisi hujan dan panas bisa memicu beberapa aksesori krom mengalami korosi. Apalagi bila motor jarang dirawat dan membiarkan air ujan mengering sendiri.

"Motor beda dengan mobil, sekali kena hujan semua bagian akan basah. Hukum fisikanya besi dan krom itu saat kena air akan mudah berkarat, apalagi air hujan yang turun memiliki tingkat oksigen tinggi dan bisa mempercepat terjadinya korosi," ucap Donny dari Hantu Laut, Minggu (17/6/2016).

Menurutnya, karat akan lebih cepat terjadi dalam musim yang tidak menentu saat ini. Setelah motor diguyur hujan lebat, langsung berubah menjadi panas yang menyengat, kondisi membuat proses reaksi korosi terjadi lebih cepat.


Sebagian aksesori motor bila tidak ditangani akan mudah terserang virus korosi. Contohnya seperti bagian stang, pegangan spion, list cover pada head lamp, rangka, dan lain sebagainya.

"Untuk penanganan yang sifatnya langsung bisa dengan mengelap kering bagian motor yang basah, jangan biarkan air hujan mengering sendirinya. Bila memungkinkan, bilas dengan air biasa dulu agar sifat oksigen pada air hujan bisa netral," ujar Donny.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa