Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pedagang Suku Cadang Ford Berharap Ada Kejelasan

Setyo Adi Nugroho - Senin, 18 Juli 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania – Ford Motor Indonesia (FMI) dikabarkan telah menunjuk RMA Group asal Thailand untuk menangani layanan aftersales di Indonesia. Keputusan ini telah dinantikan tidak hanya bagi konsumen namun juga pedagang suku cadang Ford.

“Selama ini kisruhnya seputar penjualan mobil baru yang memang berdampak cukup besar pada penjualan. Soal suku cadang belum terlalu terasa setelah keputusan FMI hengkang dari Indonesia,” ucap Efendi pedagang suku cadang Ford di Pasar Mobil Kemayoran saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Pasalnya stok suku cadang untuk kendaraan Ford masih aman termasuk yang berupa fast moving. Menurut Efendi, jika kendaraan rusak mau tidak mau konsumen akan mencari suku cadang untuk perbaikan, berbeda dengan kebutuhan membeli mobil baru.

Namun bukan berarti pihak pedagang tidak lepas dari rasa khawatir. Saat FMI memutuskan pergi, selama ini pemesanan suku cadang selalu melalui FMI sehingga membuat pedagang mencari cara agar usahanya terus berjalan.

“Kalau kepikiran impor dari Thailand bisa saja, Tapi pedagang kecil tentu akan kesulitan dengan volume. Belum lagi saat suku cadang yang diinginkan berukuran besar, seperti body part, tentu biayanya berkali lipat,” ucap Efendi.

Keputusan FMI tentu diharapkan dapat memberikan kejelasan kepada pedagang seperti Efendi. Ia mengaku sejak kisruh FMI beberapa pihak sudah menyarankan untuk berpindah ke merek lain karena memberi kejelasan stok suku cadang.

“Saat FMI mau pergi, kita pedagang bagai anak ditinggal bapaknya. Kita dagang juga tidak dalam waktu singkat, seperti bangun pondasi rumah. Harus tahu detil suku cadang, Kalau pindah merek, kita mulai dari awal belajar. Tidak bisa. Meski keadaan seperti ini, kita bertahan,” tutup Efendi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa