Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknik Pengereman buat Pemula yang Main Motor "Off-road"

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 17 Juli 2016 | 14:22 WIB

Jakarta, Otomania – Akhir pekan banyak dimanfaatkan para pehobi motor off-road untuk menjelajah rute lintas alam. Bagi para pemula yang baru saja menekuni hobi ini, ada baiknya mengetahui bagaimana cara melakukan pengereman yang benar, saat berada di lintasan alam.

“Teknik pengereman saat berada di medan off-road tidak jauh berbeda dengan teknik saat berada di jalan biasa. Rem depan dan belakang harus dimanfaatkan dengan baik,” ucap Frans Tanujaya, senior off-roader sepeda motor saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Penggunaan rem untuk berkendara off-road harus dilakukan dengan menggunakan rem depan dan belakang namun dengan porsi berbeda di tiap kondisi jalan.

Pada kondisi jalan tanah lurus dan tidak terlalu licin, penggunaan rem depan dan belakang harus dilakukan bersama-sama. Rem belakang digunakan untuk mengurangi kecepatan, dan rem depan porsinya lebih besar untuk menghentikan laju sepeda motor.

Pada kondisi jalan yang licin baik di jalan lurus atau di turunan cukup curam penggunaan rem juga berbeda. Penggunaan rem depan dan belakang cukup minim dan digantikan dengan engine break. Caranya dengan memindahkan gigi transmisi ke posisi yang lebih rendah di waktu yang tepat.

Jika menggunakan rem depan atau belakang, kemungkinan besar motor akan mengalami slip dan membuat pengendara terjatuh. 

“Oleh karena itu sebelum terjun ke lintasan off-road pastikan biker sudah menguasai cara pengereman dengan benar dan sudah fasih mengoperasikan tuas-tuas di sepeda motor. Penguasaan ini akan meminimalkan kemungkinan terjadi kecelakaan saat berkendara off-road,” ucap Frans.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa