Cek Kendaraan Sebelum Hadapi Ganasnya Arus Balik

Stanly Ravel - Sabtu, 9 Juli 2016 | 09:10 WIB

Jakarta, Otomania - Sama halnya dengan arus mudik, mobil juga butuh persiapan menghadapi arus balik. Kondisi mobil yang sudah digunakan menempuh perjalan panjang butuh kembali dicek, hal penting dilakukan demi kelancaran perjalanan.

Langkah pengecekan sederhana, menurut Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Arifani Perbowo bisa dilakukan sendiri. Caranya melalui pandangan mata serta merasakan langsung kebeberapa komponen yang memang butuh perhatian ekstra.

"Sebelum balik baiknya cek komponen penting di mobil. Untuk langkah sederhana bisa dimulai dengan pandangan mata, lalu sebagian lagi dengan merasakannya langsung ketika berkendara," ucap Arifani kepada Otomania, Selasa (5/7/2016).


Beberapa komponen yang bisa dilihat secara pandangan mata dan wajib diperiksa kondisinya meliputi beberapa hal. Mulai dengan kondisi ban, sistem pelumasan, serta kondisi lampu-lampu.

Pastikan ban masih memiliki lapisan yang baik dan jangan lupa memantau tekanan udaranya. Lampu-lampu bisa dipastikan dengan menyalakan semua fungsinya, sedangkan untuk pelumas wajib mengontrol ulang takaran serta kondisinya, baik untuk oli mesin, pelumas pengereman, sampai air wiper.

"Cek oli mesin bisa melalui dipstick, bila kurang tinggal ditambahkan, sama halnya dengan minyak rem. Yang paling sering lupa itu air wiper, padahal fungsinya sangat berguna ketika perjalanan jauh," kata Arifani.


Untuk metode pengecekan meraskan langsung lebih kefungsi dari beberapa komponen penting, seperti pengereman, pendingin udara, dan kopling untuk mobil manual. Bila saat berkendara rem terasa sudah jauh bisa dipastikan kampas sudah mulai menipis, hal ini dinilai wajar apalagi untuk mobil yang bertransmisi otomatis.

"Mobil matik itu butuh perhatian lebih di sistem pengereman, karena rem sangat diandalkan, dan bisa dipastikan porsi mengerem mobil matik lebih banyak dari mobil manual. Bila dirasa ada perubahan pada posisi rem, baiknya lakukan pengecekan langsung ke bengkel terdekat untuk memastikan kondisinya, begitu juga untuk sistem AC," papar Arifani.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa