Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik Pakai Mobil Diesel, Hindari SPBU ini

Stanly Ravel - Rabu, 6 Juli 2016 | 13:04 WIB

Jakarta, Otomania - Mobil bermesin diesel memiliki kelebihan dalam sisi efesiensi serta harga bahan bakar yang lebih irit ketika digunakan menempuh perjalanan jauh seperti mudik. Meski demikian, penggunanya wajib mewaspadai saat akan mengisi Solar terutama di daerah-daerah yang terpencil.

"SPBU di daerah umumnya memilik kondisi yang tidak sebaik dengan di kota besar dalam hal perawatan. Hal ini berpotensi adanya pengendapan sulfur dalam jumlah yang cukup besar di tangki timbun Solar yang berdampak buruk bila dikonsumsi oleh mobil diesel," ujar Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Arifani Perbowo kepada Otomania, Selasa (5/7/2016)

Kandungan sulfur yang masuk ke tangki dalam sekala besar berpotensi menimbulkan kadar asam berlebih. Efek buruknya cukup berbahaya bagi saluran bahan bakar karena bisa menimbulkan kerak.


Kerak ini akan menggangu jalannya suplai solar ke silinder yang mempengaruhi kinerja pembakaran serta penurunan kompresi mesin. Lebih parahanya kadar asam juga bisa membuat selang saluran Solar cepat getas dan berpotensi menimbulkan kebocoran.

"Untuk menghindari hal tersebut, upayakan mengisi bahan bakar di kota-kota besar, cari SPBU yang ramai karena dengan begitu sirkulasi tangki timbun BBM lebih cepat terkuras yang mengurangi masuknya endapan ke dalam tangki mobil," kata Arifani.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa