Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Mudik Aman dan Selamat? Ikuti Aturan Mainnya

Aditya Maulana - Selasa, 28 Juni 2016 | 13:05 WIB

Jakarta, Otomania – Beberapa hari lagi masyarakat Indonesia sebentar lagi akan melakukan ritual mudik ke kampung halaman menyambut Lebarab. Alat transportasinya pun beragam, mulai sepeda motor, mobil, angkutan umum, hingga pesawat.

Nah, bagi yang mudik menggunakan motor atau mobil pribadi, ingin tetap aman dan selamat selama diperjalanan menuju ke kampung halaman? Menurut Kombes Kanton Pinem, Kasubbdit Dikpen Biddikmas Korlantas Polri, caranya cukup mudah.

“Laksanakan yang namanya Tri Siap, yaitu Siap Mematuhi Aturan, Kondisi Fisik dan terakhir kendaraan,” ucap Kanton di Jakarta akhir pekan lalu.

Kanton melanjutkan, yang dimaksud mematuhi aturan seperti setiap orang yang menggunakan jalan harus berperilaku tertib, taat kepada rambu lalu lintas, marka jalan, dan lain sebagainya. Kedua, kondisi fisik, terutama pengemudi harus dalam sehat dan tidak lelah, mengantuk, minum obat tidur hingga mabuk alkohol.

“Kalau sakit jangan mengemudi, nganguk dan lelah juga jangan. Tak kalah pentingnya jangan menonton video ketika mengemudi,” ujar Kanton.

Terakhir, kata Kanton, kondisi kendaraan juga wajib diperiksa, apakah laik jalan atau tidak. Pemeriksaan selanjutnya seperti rem, lampu, ban, tekanan udara, spion hingga air wiper.

“Cukup melaksanakan Tri Siap itu mudik dipastikan bisa lebih aman dan nyaman,” kata Kanton.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa