Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Contoh Buruk Bawa Barang di Atap Mobil

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 28 Juni 2016 | 04:05 WIB

Mojokerto, Otomania – Saat mudik dan menyambut libur Lebaran di kampung halaman, pemilik kendaraan bersama anggota keluarga akan membawa barang kebutuhannya dalam mobil yang dipakai. Beragam kebutuhan itu diletakkan dalam tas yang akan memenuhi ruang bagasi kendaraan.

Apabila bagasi penuh, maka jalan keluarnya adalah menaruh barang-barang bawaan ini di atap kendaraan. Para pemilik kendaraan biasanya memanfaatkan roof rail untuk manaruh kelebihan barang di atap.

Otomania yang bepergian bersama tim Merapah Trans Jawa menuju ruas-ruas tol baru yang akan digunakan untuk arus mudik, mendapati banyaknya kendaraan dengan barang bawaan di atap melaju dengan kecepatan tinggi di tol.

Barang bawaan tersebut juga kebanyakan hanya diikat dengan bermodalkan tali tanpa mengindahkan bentuk aerodinamis atau desain kendaraan. Lebih parah, ada pemudik yang mengikatkan satu kopernya di atas kap tanpa perlindungan tambahan.

Kondisi ini cukup mengkhawatirkan mengingat barang bawaan tersebut dapat menyebabkan perubahan aliran udara yang berpengaruh terhadap kendaraan. Potensi bahaya lebih besar di ruas tol yang memiliki embusan angin dari samping kendaraan.

Selain itu pemasangan barang bawaan di atap dengan pengaman minim dapat membahayakan pengemudi lainnya. Jika barang bawaan tersebut terlepas maka dapat mengenai pengemudi kendaraan dibelakangnya.

Salah satu jalan keluar untuk masalah ini adalah pemasangan roof box dengan desain yang mendukung aerodinamis kendaraan. Namun hal ini juga tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah jika pemilik kendaraan tidak memahami fungsi roofbox sebenarnya yakni untuk melapangkan ruang kabin dan tidak menjadi ruang tambahan untuk barang yang sudah penuh sesak di kabin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa