Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beli Mobil Bekas? Waspadai Mobil Jenis Ini

Stanly Ravel - Kamis, 16 Juni 2016 | 03:01 WIB

Jakarta, Otomania - Selain mobil bekas (mobkas) yang tidak memiliki keabsahan surat-surat, peredaran mobkas berkilometer rendah juga wajib dicurigai. Banyak pedagang 'nakal' yang mengakali kilometer menjadi rendah dengan tujuan mengincar harga yang tinggi.

"Kilometer rendah itu memang akal-akalan untuk mendapat harga tinggi, hal ini wajib diwaspadai. Ada mobil yang sudah empat tahun tapi kilometernya masih belum lewat dari 15.000 atau 20.000. Secara logika hal ini tidak mungkin, jadi jangan mudah langsung percaya," ucap Chief Operating Officer Mobil88 Halomoan Fischer, Selasa (14/6/2016).

Prilaku kecurangan memainkan odometer jarak tempuh mobil menjadi kasus yang paling sering ditemui saat musim penjualan mobkas tinggi. Kondisi ini makin diperparah ketika mobil-mobil modern sudah menerapkan odometer berbasis digital yang justru diklaim lebih mudah untuk di reset (atur ulang).


"Makin mudah saat ini, yang semuanya sudah serba digital. Mereka cukup meriset melaui sistem dari komputer tanpa harus membongkar pasang bagian speedometernya," ucap Fisher.

Metode meriset menggunakan sistem komputer pada odometer digital sedikit susah dideteksi. Karena pengerjaanya tidak sampai bongkar pasang seperti manual yang bisa dilihat bekas bekas congkelan atau semacamnya pada bagian speedometer.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa