Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siapa Desainer Mobil Murah “Adik” Avanza-Xenia?

Aditya Maulana - Senin, 13 Juni 2016 | 08:05 WIB

Jakarta, Otomania – Informasi yang belakangan ini sedang ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia, yakni hadirnya bocoran gambar mobil murah “adik” Avanza-Xenia. Produk hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu itu dihadirkan untuk bersaing dengan Datsun Go+ Panca disegmen low cost green car (LCGC) 7-penumpang.

Meski melalui sumber, namun perlahan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mulai mau bicara banyak tentang produk tersebut. Kali ini, Otomania mendapatkan informasi mengenai siapa yang mendesainnya.

Menurut sumber Otomania di ADM, kedua produk tersebut bukan lagi karya Mark Widjaja. Namun, tetap hasil orang Indonesia, tetapi ada bantuan dari pihak principal Daihatsu di Jepang.

“Mark sudah tidak terlibat dalam mendesain mobil ini. Proyek ini campur tangan orang lokal dengan Jepang, semuanya dikembangkan bersama-sama,” kata sumber tersebut.

Bicara kandungan lokal, kata sumber lagi, karena produk tersebut masuk ke segmen LCGC, maka komponen yang diproduksi di dalam negeri harus tinggi. Sebab, itu salah satu syarat agar bisa masuk ke kelas mobil murah.

“Sebagai tahap awal, baru 60 persen lebih, tetapi kita kan diberikan kesempatan beberapa tahun ke depan untuk terus meningkatkan kandungan lokal. Sama seperti Ayla, sekarang sudah lebih dari 80 persen,” kata sumber lagi.

Tak hanya itu, sekarang perusahaan juga sudah mulai mempersiapkan proses perakitan massal. Sebab, dijadwalkan meluncur pada awal Agustus 2016.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa