Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suka Gaya Balap Pakai R15. Cari Nyaman Coba CBR150R

Donny Apriliananda - Jumat, 3 Juni 2016 | 13:26 WIB

Jakarta, Otomania – Gaya berkendara Yamaha R15 dan Honda CBR150R terbaru bak bumi-langit. Setelah Otomania intimi beberapa hari, dari sudut pandang ini mereka menyuguhkan posisi berkendara khas dengan karakter yang tak bisa disandingkan.

Kita mulai dari R15. Kesan awal, penunggang harus lebih menunduk saat menungganginya. Hal ini berkat tinggi jok 80 cm yang dipadu setang dengan posisi rendah. Kaki pun demikian, dibuat lebih mundur, sehingga posisi duduk benar-benar mirip orang mau balapan.

Buat yang mencari kenyamanan, posisi duduk itu akan cukup menyiksa, karena saat dibuat jalan di perkotaan bakal cepat lelah, terutama pergelangan tangan yang selalu menahan beban badan. Namun buat yang sudah biasa, justru posisi duduk ini yang lebih dicari, karena berkesan sporty.

Beda dengan Honda All New CBR150R. Tinggi jok tak terlalu tinggi, lebih rendah 3 mm dibanding R15, yakni 787 mm. Tempat duduk dan setang relatif sejajar, posisi kaki juga tak terlalu ke belakang. Duduk di atasnya cukup nyaman.

Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya, posisi bodi R15 nungging. Ini membuat pembonceng akan terasa jauh lebih tinggi dibandingkan pengendara dengan posisi duduk yang miring ke depan. Sedangkan CBR150R tak terlalu nungging, meski tetap menawarkan posisi duduk yang lebih tinggi.

Handling
Paduan sasis, kaki-kaki, dan posisi duduk, sangat mempengaruhi performa handling. CBR150R terasa enteng digerakkan, ini akan sangat mendukung berkendara di tengah kemacetan. Yamaha R15 lebih racy, tidak selincah CBR150R, namun saat menikung dengan posisi miring, R15 lebih stabil.

Hal tersebut diperoleh karena jarak sumbuh roda CBR150R lebih pendek, yakni 1.311 berbanding 1.345 mm untuk R15. Secara teori, CBR terasa lebih lincah. Namun secara keseluruhan, performa menikung tak beda jauh.

Soal suspensi, Otomania merasakan sedikit R15 lebih lembut, terutama saat diajak jalan santai dengan kondisi jalan kombinasi mulus plus keriting.

Jika disimpulkan, keduanya mewakili dua karakter berkendara yang cukup berlawanan. Buat yang suka gaya balap, bisa memilih R15. Namun yang lebih condong kenyamanan, CBR150R adalah pilihannya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa