Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komitmen Honda Motor di Indonesia untuk Lingkungan

Donny Apriliananda - Jumat, 3 Juni 2016 | 09:57 WIB

Bandung, Otomania – Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan konservasi lingkungan di area wisata situs purbakala Stone Garden dan Gua Pawon di Bandung Barat‎. Kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan lingkungan sekaligus merevitalisasi salah satu tempat tujuan wisata alam legendaris di kawasan ini.

Kegiatan konservasi lingkungan ini ditandai dengan penanaman beraneka jenis pohon di wilayah perbukitan yang berada di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat pada Rabu (1/6/2016). Sebanyak 8.000 pohon ditanam dari berbagai jenis antara lain bambu, nangka, rambutan, sirsak, gemelina, surain, panesta, mahoni uganda, gandaria, dan buni.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah daerah resapan air dan merupakan salah satu bentuk dukungan AHM dalam Gerakan Citarum Bestari dari Pemprov Jawa Barat. Konservasi lingkungan ini akan mengoptimalkan fungsi daerah resapan air yang bermanfaat bagi aliran Sungai Citarum sekaligus mencegah terjadinya longsor di wilayah ini.

‎‎Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin dalam siaran resmi (1/6/2016), menyatakan bahwa program ini tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan dan fauna di kawasan ini. Masyarakat setempat juga akan memperoleh manfaat langsung karena mereka akan diedukasi untuk melakukan perawatan dan mendapatkan manfaat ekonomi dari pohonnya.

"Bekerja sama dengan Yayasan Saung Angklung Udjo kami akan mengedukasi masyarakat sekitar keterampilan mengolah pohon bambu menjadi angklung. Ada manfaat ekonomi yang tercipta di sini karena pasarnya sudah ada. Di sisi lain, potensi wisata terbuka untuk dikembangkan,” kata Muhibbuddin.

Sebagai salah satu tempat tempat tujuan wisata,‎ Gua Pawon merupakan tempat yang penting bagi suku Sunda, karena di tempat ini ditemukan kerangka manusia purba yang diduga sebagai nenek moyang orang Sunda.

Demi meningkatkan daya tariknya sebagai kawasan wisata,‎ AHM juga membangun beberapa fasilitas pendukung wisata‎ antara lain pembuatan gapura gerbang masuk area kawasan wisata, pembuatan gazebo sebagai tempat istirahat dan berteduh bagi para wisatawan.

Selain itu juga dibuatkan saung untuk memberikan kemudahan para wisatawan mendapatkan detail informasi tentang kawasan wisata ini serta pembuatan papan edukasi sapta pesona untuk meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawab masyarakat menjaga tempat wisata.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa