Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dapatkah Mobil DItambah Fitur ABS EBD?

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 3 Juni 2016 | 08:12 WIB

Jakarta, Otomania – Sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD) adalah sistem yang membantu mengontrol penggunaan rem saat kebutuhan rem mendadak di jalan yang licin atau situasi darurat, sehingga rem tidak mengunci dan tetap stabil.

Kedua sistem ini termasuk teknologi canggih yang menambah kenyamanan dan keamanan berkendara dan saat ini jamak berada di kendaraan produksi terbaru.

“Kedua sistem ini menjadi teknologi terkini dalam kendaraan yang menambah kenyaman dan keamanan dalam berkendara. Sistem rem canggih yang membantu kendaraan tidak melintir saat melakukan rem mendadak di situasi darurat,” ucap Dolf Valentino, Workshop Head Daihatsu Pangeran Jayakarta.

Pemilik kendaraan yang belum memiliki kedua sistem ini di kendaraannya apakah bisa memasangkan kedua sistem ini sebagai tambahan di kemudian hari?

“Bisa dan memungkinkan. Namun perlu dipahami kedua sistem ini merupakan teknologi bawaan dari pabrikan, jika ingin sebagai tambahan harganya akan luar biasa mahal. Jadi secara cost effisien tidak masuk,” ucap Dolf.

Biaya mahal tersebut terjadi karena saat pemasangan ABS dan EBD, pabrikan melakukannya dengan jumlah banyak sehingga mampu menekan biaya pemasangan dan pembelian dua komponen tersebut. Pabrikan memang mempunyai komponen ABS dan EBD untuk perbaikan kendaraan yang rusak. Jika untuk ubahan harganya terlalu mahal.

“Perhitungannya sama dengan membeli kendaraan yang belum ada power window atau central lock. Jika pemilik ingin menambah kedua part ini bisa saja tapi kalau dihitung jatuhnya akan lebih mahal ketimbang beli kendaraan yang langsung memiliki power window dan central lock dari pabrik,” ucap Dolf.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa