Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

TV di Mobil Bisa Jernih, Ini Rahasianya

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 2 Juni 2016 | 11:05 WIB

Jakarta, Otomania – Sistem hiburan dalam kendaraan saat ini memiliki peran penting bagi pengemudi yang berada di kota Jakarta. Setiap hari bertemu dengan kemacetan, pengemudi Ibu Kota menghendaki hiburan yang berkualitas dengan mutu gambar jernih layaknya sedang menonton DVD.

NexDrive, TV berbayar pertama di dunia untuk kendaraan, memiliki teknologi untuk menghadirkan tampilan yang jernih meski kendaraan sedang bergerak kencang atau di kemacetan. Tayangan dengan gambar terputus-putus yang biasanya jadi menu wajib hiburan dalam kendaraan, tidak ditemukan dalam produk ini.

“Pengguna mobil di kota Jakarta menghabiskan waktu yang relatif lama di jalan. Akumulasi waktu di jalan ini bahkan bisa lebih lama dari waktu mereka di rumah. Ini yang menjadi tantangan dari NexDrive saat mengembangkan produk ini sekitar dua tahun lalu. Kami ingin menghadirkan tampilan gambar yang terus jelas dan jernih layaknya format MPEG4 atau DVD sebagai hiburan dalam kendaraan. Rahasianya ada pada antena yang kami gunakan,” ungkap Michael Wulur, Operational Director NexDrive saat ditemui Otomania, Rabu (1/6/2016).

Michael mengungkapkan, NexDrive mengembangkan antena bersama produsen asal Taiwan, Asuka untuk menciptakan antena yang mampu beradaptasi dengan banyaknya sinyal yang dibutuhkan serta bekerja tahan di segala cuaca.

“Antena produk NexDrive bekerja di frekuensi 300 megaherz dan memiliki alogaritma untuk beradaptasi menerima sinyal sesuai keperluan. Jadi tidak melulu mengeluarkan tenaga konstan dan menerima sinyal dalam jumlah yang sama, namun beradaptasi dengan sinyal yang tersedia di daerah tersebut sehingga menampilkan tayangan yang jernih,” ucap Michael.

Otomania yang sempat menjajal kemampuan NexDrive melalui rute pusat kota, bandara Soetta dan kembali ke pusat kota, tidak mengalami putus sinyal selama perjalanan. Perangkat hiburan ini berkerja baik saat kendaraan melaju kencang maupun saat terjebak kemacetan.

Setiap pembelian NexDrive pada kendaraan akan dipasangkan dua buah antena. Penempatan antena ini juga disesuaikan dengan estetika kendaraan ditempatkan di balik bumper depan dan belakang kendaraan. Antena ini juga sudah teruji mampu bekerja di kondisi panas hingga 80 derajat celcius.

“Saat ini sudah ada 800 unit kendaraan dari berbagai merek yang menggunakan NexDrive. Penerimaan gambar juga sudah teruji di saat hujan. Kami memiliki 5 buah tower yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang membantu kelancaran sinyal penerimaan di daerah Jabodetabek,” ucap Michael.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa