Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Terjebak Macet

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 1 Juni 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania – Berada di kemacetan dalam waktu yang lama membuat pengemudi cepat merasa lelah. Perjalanan pergi ke kantor atau pulang ke rumah menjadi melelahkan dengan kemacetan yang menghadang setiap hari.

Untuk mengurangi rasa lelah di tengah kemacetan, ada kegiatan yang bisa dilakukan pengemudi yakni peregangan dan olahraga ringan dari balik kemudi.

“Saat macet dan lelah menghadang, bisa melakukan peregangan untuk menghilangkan lelah. Lakukan kegiatan ini saat kendaraan benar-benar berhenti,” ucap Doddy Permadi, Provider Management Section Head Health Operation Asuransi Astra yang juga seorang dokter kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Latihan yang dapat dilakukan salah satunya adalah peregangan leher. Saat posisi duduk tegak, putar kepala ke arah kanan dan tahan selama lima detik. Kembalikan kepala ke posisi semula dan lakukan gerakan tersebut sebanyak lima kali. Setelahnya lakukan ke arah kiri.

Setelah selesai gerakan tersebut, miringkan kepala ke arah kanan hingga telingga mendekati pundak. Tahan selama lima detik dan lakukan dalam lima set. Ulangi ke arah kiri. Lalu gerakkan kepala ke arah belakang hingga sedikit mendongak dan tahan selama lima detik, lakukan lima set. Terakhir tundukkan kepala, tahan lima detik dan lakukan dalam lima set.

Peregangan bagian tubuh juga bisa dilakukan terutama tubuh bagian atas. Sambil duduk tegak, putar tubuh bagian atas ke satu arah, tahan selama lima detik dan ulangi ke arah lainnya. Lakukan sebanyak lima kali. Kegiatan ini akan melemaskan otot pinggang yang kaku karena terlalu lama duduk.

“Ingat, lakukan kegiatan ini saat berhenti dan tetap awas dengan kondisi kemacetan sembari bersiap jika lalu lintas bergerak maju. Selain melemaskan otot yang kaku, kegiatan peregangan ini dapat mengatasi kantuk di tengah kemacetan,” ungkap Doddy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa