Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Penyebab Rio Tabrakan di Monaco

Stanly Ravel - Jumat, 27 Mei 2016 | 07:18 WIB

Monaco, Otomania - Rio Haryanto mengalami insiden dalam sesi latihan bebas kedua (F2) di GP Monaco, Kamis (26/5/2016). Mobil balap yang dikendarainya menabrak pembatas di pinggir lintasan, yang mengakibatkan kerusakan pada beberapa bagian.

"Hari ini sebenarnya cukup baik, sampai kejadian pada latihan bebas kedua. Saya mencoba menggunakan ban ultrasoft, sayangnya saat keluar dari terowongan dan hendak masuk ke tikungan zigzag (chicane), saya terlambat menginjak rem dan mobil kehilangan kendali," papar Rio dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Manor Racing, Kamis (26/5/2017).

Baik pada sesi latihan bebas pertama dan kedua, Rio memimpin catatan waktu terbaik melebih rekan satu timnya, Pascal Wehrlein. Pada latihan pertama Rio mencatat waktu 1 menit 20.528 detik, pada sesi kedua pebalap 23 tahun ini masih mendapatkan 10 putaran dengan hasil yang lebih tajam, yakni 1 menit 18.647 detik.

"Dampak dari benturan dengan pembatas lintasan tidak begitu buruk dan mobil tidak sampai mengalami rusak parah. Untungnya kami masih memiliki satu hari untuk mempersiapkan mobil sebelum latihan bebas ketiga dan kualifikasi. Kejadian tadi sangat disayangkan dan memalukan karena saya tidak bisa menyelesaikan program persiapan dengan baik," ucap Rio.

Empat Insiden

Selain Ri, ada empat pebalap lain yang ikut mengalami insiden saat sesi latihan bebas kedua berlangsung. Romain Grosjaen dari tim Haas mengalami kerusakan parah saat mobilnya menyerempet pembatas tepat sebelum insiden Rio.


Setelah Rio keluar, giliran Kimi Raikkonen dari Ferrari yang melintir di depan Sainte Devode. Untungnya Kimi masih bisa melanjutkan balap, tapi tidak untuk rekan satu timnya, Sebastian Vettel yang juga mengalami kerusakan pada sayap belakang.


Menjelang berakhirnya latihan, Kevin Magnussen dari tim Renalut menghantam tembok pembatas dengan keras, tepat di tikungan terakhir. Kejadian ini membuat mobil yang dikendarain Kevin rusak parah dan langsung diangkut menggunakan crane.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa